Cara Melindungi Keluarga Anda Dari Virus Corona

cuci tangan

Virus corona atau covid-19 yang telah menyebar sejak akhir tahun 2019 hingga kini ke seluruh dunia termasuk indonesia telah menjadi sebuah teror bagi seluruh masyarakat di dunia. Hampir semau negara di dunia telah terjangkiti virus ini dan sampai sekarang belum ada kepastian penemuan obat yang benar benar efektif untuk menyembuhkan orang yang telah terinfeksi oleh virus ini. Walau secara alami orang yang dengan daya tahan tubuhnya akan sembuh sendiri dari paparan virus namun banyak juga kasus yang membuat orang kehilangan nyawa karena komplikasi yang terjadi terlalu parah dan menyerang paru yang menyebabkan pneumonia dan kegagalan bernafas.

Di tengah hangatnya pemberitaan dan banyaknya info yang beredar tentang bagaimana mencegah dan mengantisipasi virus corona seperti dengan mencuci tangan sesering mungkin, menghindari interaksi sosial yang berhubungan dengan kontak fisik dan berbagai hal lainnya ada satu hal yang perlu di pahami oleh sebagian orang yang masih kurang peka akan penularan virus ini.

Melindungi Diri Anda Sendiri Berarti Melindungi Keluarga Anda Juga

Orang orang yang berpikiran bahwa dirinya tidak mengenal takut akan terkena virus ini mungkin perlu berpikir dua kali. Seseorang mungkin memiliki tubuh dengan imunitas yang kuat dan sehat serta faktor usia muda yang membuat daya tahan tubuh tinggi sehingga walau tubuhnya telah terpapar virus namun tidak menunjukkan gejala apapun. Dengan kondisi seperti itu maka orang tersebut sudah bisa menularkan virusnya kepada orang di sekitarnya dan yang paling terutama sudah pasti orang yang tinggal serumah atau keluarga sendiri.

Oleh karena itu di perlukan ketaatan dan kepatuhan pada gaya hidup yang di himbau oleh ahli kesehatan sekarang untuk melindungi diri dari terpaparnya virus ini kepada siapa saja. Karena dengan membuat diri sendiri aman dari tertularnya virus ini tentu akan turut menjaga keluarga dan orang lain. Beberapa tips yang perlu anda perhatikan adalah seperti cuci tangan

Mencuci tangan anda dengan air mengalir dari keran dan memakai sabun antispetik. Di percaya bahwa air yang tidak mengalir mengandung mikro oragnisme kecil yang telah menumpuk dan kurang bersih sehingga menggunakan air yang mengalir adalah cara mencuci tangan terbaik. Selain itu sabun antispetik yang bisa anda beli melalui swalayan atau toko toko sekitar jauh lebih ampuh untuk membuat tangan anda steril di bandingkan memakai sabun biasa. Cuci tangan anda dengan mendetail juga dengan menggosok semua sisi dan sela sela tangan serta kuku dengan teliti. Dan biasakan untuk mencuci tangan anda sebelum makan dan sesudahnya dan di saat anda sedang ingin memasakn juga di saat saat sebelum anda menyentuh area wajah seperti hidung, mata dan mulut. Juga perlu di lakukan saat anda menyentuh barang barang di tempat umum yang belum tentu steril. Pada alternatif lainnya anda bisa menggunakan hand sanitizer yang juga berguna seperti layaknya cuci tangan jika di saat tidak memungkinkan bagi anda untuk cuci tangan. Namun mencuci tangan perlulah menjadi prioritas di banding menggunakan hand sanitizer

Selain mencuci tangan anda juga perlu memberikan perhatian lebih saat berada di tempat umum, menghindari keramaian atau menjaga tidak terjadi kontak fisik anda juga perlu memperhatikan hal hal yang anda sentuh dan area umum yang banyak di gunakan orang seperti transportasi umum, tempat hiburan dan fasilitas umum lainnya. Dengan memberikan kesadaran yang baik dan benar maka tidaklah sulit untuk mengecilkan kemungkinan tertular dari virus ini.